Meraih Pahala yang Besar dengan Cara Mudah

Ada hal yang mudah dilakukan  dengan cara sederhana, namun pahalanya besar sekali, yakni dengan cara menyenangkan muslim yang lain, selama dilakukan dijalan Alloh SWT.

Inilah amalan para Wali Alloh, amalan orang-orang yang memiliki kedekatan dengan Alloh SWT.

Dalam Hadist Imam Tabrani, Rasulluloh SAW berkata: “Sesungguhnya amal yang paling dicintai Alloh SWT setelah hal-hal yang wajib, adalah menyenangkan hati seorang muslim.”

Jika menyenangkan muslim lainnya begitu besar pahalanya, maka bagaimana pahalanya jika menyenangkan orang tua kita?

Contohnya ketika orang tua sedang kesepian, maka sebaiknya kita menemaninya, mendengarkan ceritanya, meskipun sering diulang-ulang. Demi menyenangkan mereka, kita bersedia mendengarkan ceritanya seolah-olah kita belum pernah mendengarnya.

Atau jika ada saudara atau teman kita menceritakan sesuatu, walaupun kita sudah tahu, demi menyenangkan hati mereka, sebaiknya kita berpura-pura tidak tahu.

Misal lainnya, ada orang yang mau pergi kesuatu acara, tapi ia tidak punya pakaian yang layak, maka sebaiknya kita membelikan pakaian yang baru agar hatinya senang.

Atau ada juga orang-orang sholeh yang hobinya bermain dan menghibur anak-anak kecil, sehingga bisa menyenangkan hati mereka.

Amalan menyenangkan orang lain ini nampaknya sederhana, tapi pahalanya besar luar biasa. Semua ini dilakukan dalam rangka mencari cintanya Alloh SWT.


Sumber: “Menyenangkan Orang Lain”; Habib Novel Alaydrus (https://www.youtube.com/watch?v=H0ivp2NYDhg)

Tags: ,

Leave a Reply