fbpx

Kesedihan Menghapus Dosa

Jika seorang hamba memiliki dosa yang terlampau banyak, dan tidak ada amal yang ia miliki yang bisa menghapuskan dosanya, atau amalnya tidak diterima Alloh SWT, maka Alloh akan mengujinya dengan perasaan sedih. Karena sesungguhnya kebaikan-kebaikan itu akan menghapuskan dosa dari perbuatan buruk.

Bisa jadi tidak ada sebab, namun tiba tiba ia merasa sedih atau tidak enak hati.

Dengan kesedihan itu Alloh akan menghapuskan dosanya. Ini bukti betapa sayang dan citanya Alloh kepada hambanya. Betapa Alloh memikirkan hambanya agar berpulang ke rahmatulloh dengan tidak membawa dosa dan masuk ke Syurganya Alloh.

Sebelum Alloh memberikan kesedihan demi kesedihan, Alloh akan memberikan taufik agar hambaNya dapat beramal sholeh. Namun jika ia tidak memiliki amal sholeh, atau amal-amalnya tidak diterima, atau ia tidak meminta ampun kepada Alloh, baru kemudian Alloh memberikan kesedihan.

Oleh karena itu jika kita mengalami kesedihan, jangan langsung berfikir buruk kepada Alloh SWT, tidak perlu berkeluh kesah, namun segera ucapkan hamdalah.

Jika kita sadari bahwa kesedihan itu datangnya dari Alloh SWT, ketika kita ridho dan ikhlas menghadapinya, maka kesedihan itu akan jadi penghapus dosa-dosa kita.

Sumber: Kesedihan Menghapus Dosa; Kalam Nabi; Habib Novel bin Muhammad Alaydrus (https://www.youtube.com/watch?v=0koGcd_RAb4)

Leave a Reply