5 Fakta mengenai “YA HABIBAL QOLBI” (SABYAN version)

Bagi kalangan anak muda di Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan grup musik beraliran religi Sabyan Gambus dengan vokalis utama cantik bernama Nissa?

Grup musik yang begitu fenomenal ini memiliki lebih dari 5 juta subscribers dan 1 miliar views (jam tayang) video pada channel youtubenya sejak bergabung dari tanggal 3 Januari 2016.

Kali ini penulis akan membahas tentang lima fakta dari salah satu lagu yang dibawakan oleh Sabyan Gambus dengan judul “Ya Habibal Qolbi”.

(1) “Ya Habibal Qolbi” adalah video yang paling banyak ditonton setelah “Ya Maulana”, “Deen Assalam”, “Ya Asyiqol”, dan “Rohman Ya Rohman” pada channel youtube Official Sabyan Gambus.


(2) Video ini pertama kali di unggah pada tanggal 25 Desember 2017, lima bulan kemudian (pada bulan Mei 2018) berhasil tembus 100 juta viewer.

(3) Saat tulisan ini dibuat (Februari 2019), video tersebut sudah lebih dari 276 juta viewer, yang berarti dicapai selama 1 tahun lebih.

(4) Pada tanggal 8 Desember 2018, video ini mendapat perhatian PM Pakistan Imran Khan ditwitter miliknya, sehingga mengundang banyak warga pakistan untuk mengunjungi channel youtube mereka.

(5) Lagu “Ya Habibal Qolbi” versi Sabyan Gambus ini dicover dari lagu versi M.D. Ubaidillah AB dan M. Fajar Shodiq yang sebelumnya diinovasi dari lagu sholawat “Habibal Galb” yang dibawakan oleh santri Langitan Ahmad Khoirul Yani, pada tahun 90 an.

Berikut ini beberapa versi lagu “Ya Habibal Qolbi” yang bisa Anda nikmati.

Versi Sabyan Gambus Live:
https://www.youtube.com/watch?v=wD8EG8NITRg

Versi M.D. Ubaidillah AB dan M. Fajar Shodiq: https://www.youtube.com/watch?v=kvN6vduGydc

Versi Asli:
https://www.youtube.com/watch?v=MbJToCiGK7I&feature=youtu.be

Sumber: youtube dan twitter

Leave a Reply